;

skripsi segala jurusan
anda butuh skripsi? di sini tersedia skripsi segala jurusan hingga 5500 judul dari berbagai universitas di Indonesia
atau mau uang 110 juta? temukan caranya di sini sekarang juga
KLIK DI SINI
http://www.pedagangskripsi.blogspot.com Ads premium
-

Minggu, 07 Agustus 2011

Universitas Mataram (UNRAM)

Minggu, 07 Agustus 2011

Universitas Mataram, disingkat Unram, merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Mataram, Indonesia, yang berdiri pada 1 Oktober 1962. Rektor pada tahun 2006 adalah Prof. Ir. H. Mansur Ma’shum, Ph.D.

Sejarah

Universitas Mataram didirikan pada 1 Oktober 1962. Awalnya kampus Universitas Mataram terletak di Jalan Pendidikan No. 36 Mataram. Dan sekarang dikenal sebagai kampus lama. Namun seiring dengan perkembangan kampus Unram, sekarang kampus baru terletak di Jalan Majapahit Mataram.

Lokasi Kampus

Universitas Mataram memiliki dua area kampus yang agak sedikit terpisah oleh perumahan dosen dan fasilitas kampus lainnya.

Kampus Lama

Kampus lama terletak di Jalan Pendidikan Mataram, di lokasi ini semula terdapat Fakultas Ekonomi, Hukum dan Pertanian, namun pada perkembangannya kampus lama sekarang digunakan untuk Program Magister Manajemen, UPT Pusat Bahasa, UPT Penelitian, UPT Pengembangan Masyarakat, dan Laboratorium Lapangan Fakultas Perikanan.

Kampus Baru

Kampus Baru Unram, terletak di Jalan Majapahit, dimana gerbang utama dan Gedung rektorat Unram tepatnya berada di jalan ini. Sementara kampus fakultas-fakultasnya bisa diakses melalui gerbang utama ini kemudian menyususri jalan lingkar yang melingkari semua faklutas yang ada di Unram, mulai dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Peternakan, MIPA, Kedokteran, UPT Perpustakaan, UPT Komputer, Asrama Mahasiswa, GOR, Masjid Baabul Hikmah, Fakultas Keguruan, dan Auditorium M. Yusuf Abubakar.




Visi, Misi, dan Tujuan

V I S I

Universitas Mataram mampu menghasilkan lulusan berkualitas Ipteks tinggi, penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui dukungan kerjasama yang dilandasi oleh nilai – nilai Imtaq.

M I S I

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan empat misi Unram sesuai bidang tugasnya yang dalam implementasinya selalu dilandasi oleh nilai – nilai keimanan dan ketaqwaan ( Imtaq) dan prinsip – prinsip

“ University Governance” keempat misi tersebut :

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia berwawasan Ipteks.
2. Menyelenggarakan penelitian yang mampu menghasilkan Ipteks yang mendukung kemajuan Pembangunan nasional dan wilayah.
3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat untuk menerapkan Ipteks hasil pendidikan dan penelitian.
4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

1. Tujuan Bidang Pendidikan

a. Menata kelembagaan pendidikan dan pelayanan program studi yang sudah ada dan mengembangkan program studi baru kebutuhan masyarakat, pembangunan nasional dan wilayah.

1. Menyediakan sarana, prasarana dan pembiayaan pendidikan yang cukup dan berkualitas.
2. Menyediakan program pengembangan dosen dan pegawai non dosen melalui program pendidikan S-2, S-3, promosi Guru Besar, kursus dan pelatihan baik didalam maupun diluar negeri.
3. Mengembangkan mekanisme dalam seleksi mahasiswa/mahasiswi baru, pengembangan proses belajar mengajar (PBM) dan pembinaan penalaran dan minat serta bakat.

2. Tujuan bidang Penelitian

1. Menata dan mewujudkan kelembagaan penelitian yang sehat dan mampu menghasilkan dan mengembangkan. Memanfaatkan sarana, prasarana dan pembiayaan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan ipteks yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan nasional.
2. Memanfaatkan sarana, prasarana dan pembiayaan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan Ipteks.
3. Membina sumber daya manusia peneliti dan pengembang ipteks yang profesional dan berdaya saing tinggi.

3. Tujuan Bidang Pengabdian Pada Masyarakat

1. Menata dan mengembangkan kelembagaan dan pola kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat agar mampu melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dan kemajuan masyarakat dan pembangunan nasional.
2. Mengusahakan sarana, prasarana dan pembiayaan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian Pada Masyarakat.
3. Mengembangkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pengabdian pada masyarakat.

4. Tujuan Bidang Kerjasama

1. Menata dan mengembangkan lembaga kerjasama agar mampu menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga ditingkat regional, nasional dan internasional yang mendukung peningkatan kinerja dan mutu unram.
2. Meraih peluang pengembangan sumber penerimaan ( revenue generating ) melalui pemanfaatan secara optimal seluruh sumberdaya yang ada.
3. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan sumberdaya manusia dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pihak/lembaga lainnya.

STRUKTUR ORGANISASI

Berdasarkan Statuta Universitas Mataram yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional Nomor 088/0/2003 tanggal 4 Juli 2003 susunan organisasi Unram terdiri dari unsur – unsur sebagai berikut :

1. Dewan Penyantun
2. Senat Universitas
3. Unsur pimpinan terdiri dari :Rektor, Pembantu Rektor I (Bidang Akademik), Pembantu Rektor II (Bidang Administrasi Umum dan Keuangan), Pembantu Rektor III (Bidang Kemahasiswaan), dan Pembantu Rektor IV (Bidang kerjasama dan Perencanaan) jabatan PR IV adalah jabatan tambahan yang belum masuk dalam Statuta Unram tersebut di atas.
4. Unsur Pelaksana Akademik :

- Bidang Pendidikan (PR I, Fakultas, Jurusan, Program Studi, UPT MKU dan Lembaga Pengembangan Pendidikan yang memiliki 6 Pusat Pengembangan : P3AI, Pendidikan Agama, Jaminan Mutu Pendidikan, Pembelajaran Primer, Pendidikan Masyarakat, dan Media Pembelajaran dan Multimedia )

- Bidang Penelitian (Lembaga Penelitian yang membawahi 15 Pusat Penelitian : Lingkungan Hidup, Kependudukan, Peranan Wanita, Teknologi terapan, Pengembangan pedesaan, Pengembangan Usaha Mandiri, Bahasa dan Kebudayaan, Hukum dan Pengembangan Sumber daya, Agribisnis, Perencanaan Regional, Pengembangan Sumber Daya Hayati, Pesisir Laut, ketahanan Pangan dan Gizi, Sumberdaya dan Agroklimat, Pengembangan Lahan Kering Tropika.

- Bidang Pengabdian Pada Masyarakat (memiliki 4 pusat pengembangan yaitu Pemetaan dan Pengolahan Citra, Pemberdayaan Tenaga Kerja dan Pemuda, Tata Pemerintahan Yang Baik, dan Pengembangan Agroindustri)

1. Unsur pelaksana administrasi dengan 2 biro : 1) BAAKPSI, terdiri dari 3 bagian yaitu (1) Pendidikan dan kerjasama, (2) Kemahasiswaan, (3) Perencanaan dan Sistem Informasi, 2) BAUK, terdiri dari 3 bagian yaitu (1) Umum, Hukum, Tatalaksana dan Perlengkapan (UHTLP), (2) Kepegawaian, (3) Keuangan.
2. Unsur Penunjang :

- UPT

- Laboratorium

- Bengkel

- Lahan percobaan dan bentuk lain yang dianggap perlu dalam menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau profesi di UNRAM.

Unit Pelaksana Teknis (UPT)

1. UPT. PERPUSTAKAAN

Merupakan sarana penunjang yang sangat vital bagi eksistensi sebuah perguruan tinggi negeri seperti Unram. Oleh karena itu Unram telah memberikan perhatian yang cukup bagi pengembangan perpustakaan ini, baik dari segi fisik bangunan, koleksi maupun kualitas pelayanannya. Saat ini UPT Perpustakaan Unram menempati gedung berlantai tiga seluas 6.000 m2, dengan jumlah koleksi sebanyak 103.609 judul, 284.645 eksemplar. Pelayanan kepada para pengguna didukung oleh 28 orang pustakawan dan 16 orang tenaga administrasi dengan waktu pelayanan : Senin s.d Kamis dari pk. 08.00 s.d 17.00 Wita, sedangkan hari Sabtu dari pk. 08.00 s.d 12.00. Wita.

Pengunjung perpustakaan tidak hanya mahasiswa, dosen dan pegawai Universitas Mataram tetapi juga dari masyarakat di luar Universitas Mataram.

2. UPT. PUSTIK (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Unit ini mengemban misi antara lain peningkatan pelayanan akademik yang upt-pustik1cepat dan cermat melalui program komputerisasi pelayanan, antara lain dalam proses penerbitan KRS dan KHS pada setiap semester, pengolahan data mahasiswa sejak mulai masuk sampai lulus dan pengembangan aplikasi komputer itu sendiri bagi mahasiswa dan pelaku pendidikan lainnya (dosen dan karyawan). Saat ini UPT Puskom memiliki 2 unit gedung berlantai dua dengan luas 1.100 m2 dan mengoperasikan komputer sebanyak kurang lebih 300 unit.

3. UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING

Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling merupakan wadah yang membantu memecahkan masalah yang dialami mahasiswa baik yang menyangkut studi, pribadi maupun memberikan layanan masalah yang berhubungan dengan lembaganya.

4. UPT. MKU

Unit Pelayanan Teknis MKU adalah unit yang melayani perkuliahan semua mata kuliah umum (Pancasila, Agama, Kewiraan, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Sosial Dasar) yang dilaksanakan di berbagai fakultas di lingkungan Unram. Unit ini mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan antara lain perkuliahan, penjadualan tugas dosen MKU dan melaksanakan kegiatan seminar, lokakarya, penataran.

5. UPT. PUSAT BAHASA

Unit ini melayani peningkatan kemampuan berbahasa baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia melalui kursus- kursus yang terjalin dari kerjasama di dalam maupun luar universitas termasuk kerjasama dengan pihak universitas di luar negeri. Disamping menyelenggarakan kursus, unit ini juga menyelenggarakan test-test yang hasilnya bisa dipergunakan untuk menunjukkan kemampuan berbahasa (persyaratan melanjutkan S- 2 dan S-3 di dalam maupun di luar negeri), juga melaksanakan kegiatan layanan terjemahan dari bahasa Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya dan di UPT Pusat Bahasa juga terdapat perpustakaan (Self Access Centre) .

6. UPT. MATARAM UNIVERSITY PRESS.

Unit ini memberikan pelayanan penerbitan universitas dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TIM EPSBED dan AKREDITASI

Tim Percepatan EPSBED dan AKREDITASI Universitas Mataram dibentuk untuk mengumpulkan, mengontrol, mepercepat, serta menindak lanjuti temuan dalam Program Studi serta memberikan saran strategi untuk membagun institusi Universitas Mataram.

EPSBED dipergunakan sebagai acuan untuk keluarnya Ijin Oprerasional di Program Studi Universitas Mataram apabila sudah lengkap atau 100%. Sedangkan Ijin Operasi adalah syarat mutlak untuk akreditasi Internal.

BAN-PT selaku Badan yang mengeluarkan Sertifikat untuk Kelayakan sebuah Program Studi yang memenuhi syarat sesuai dengan tatanan yang dikeluarkan (disyaratkan).

Personel Tim terdiri atas Ketua Dedy Suhendra, Sekretaris Made Sutha Yadnya, Kepala Data Amrullah, Operator Rektorat Dwi & Ridwan, Operator Fakultas : Zulkipli, Dori, Sar’I, Pit Paturahman, Naimmudin, Irfan, Yanti dan Erni.

Pada tahun 2010 dengan EPSBED 2009-1 sudah diselesaikan 90% dan diutamakan yang ijin operasional sudah habis.

Tim EPSBED sampai tanggal 11 Mei 2010 melakukan pelaporan dengan mengirimkan DVD untuk back up yang sudah terkirim lewat on line ke Dikti menjaga segala kemungkinan yang terjadi.


SILAHKAN MEMBACA dan DITUNGGU KOMENT YA... ^_^

sumu angke - 03.14
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI
Flag Counter